Asal Usul Kata “Cilegon”

Sobat Cilegonpedia yang ingin mengetahui arti kata CILEGON, berikut adalah artinya: CILEGON berasal dari kata “CI” atau “Cai” dalam bahasa sunda berarti AIR dan kata “LEGON” atau “MELEGON” yang berarti LENGKUNGAN (H.M.A. Tihami). CILEGON bisa diartikan sebagai kubangan air atau rawa-rawa.

Hal ini sesuai dengan banyaknya nama tempat di Cilegon yang menggunakan nama KUBANG. Seperti: Kubang Sepat, Kubang Lele, Kubang Welut, Kubang Welingi, Kubang Lampit, Kubang Lampung, Kubang Menyawak, Kubang Bale, Kubang Lesung, Kubang Lumbra, Kubang Kutu, Kubang Saron, Kubang Wates, Kubang Sari, dan yang lainnya.

Sepintas penyebutan kata LEGON mirip dengan kata “LAGUNA” atau “LAGOON” dalam bahasa Inggris yang berarti danau kecil atau tasik yg dikelilingi oleh karang atau pasir yg menutup pesisir atau muara sungai.

Cilegon pada abad-16 merupakan sebuah kampung kecil yang dikelilingi rawa-rawa atau kubang-kubang yang berubah dan berkembang menjadi area persawahan dan pemukiman. Tahun 1651 kampung kecil ini termasuk di bawah kekuasaan kerajaan Kesultanan Banten pada masa Sultan Ageng. Tahun 1816 dibentuklah Districh (kecamatan) Cilegon sehingga Cilegon berubah menjadi Kewedanan Cilegon yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang. Hingga akhirnya pada tahun 1999 Cilegon berubah menjadi kotamadya, berdiri sendiri lepas dari Kabupaten Serang. Kini Cilegon berkembang menjadi kota industri, perdagangan dan jasa.

Sumber: https://beritacilegon.wordpress.com/2011/04/25/arti-kata-cilegon/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *