Permainan Tradisional : Ular Bang

ULER BANG adalah merupakan salah satu jenis permainan anak tradisional yang dilakukan oleh banyak orang, minimal 4 orang. dua orang sebagai penjaga gerbong yang lainnya sebagai ular berjalan runtungan melingkari 2 orang tersebut.  bagi peserta yang lewat dan bertepatan dengan berakhirnya lagu uler bang maka akan di tahan dan dikurung dengan kedua tangan 2 orang yang bertindak sebagai penjaga gerbong dan orang yang terkurung diminta untuk memilih diantara 2 pilihan yang sudah ditentukan oleh kedua orang yang bertindak sebagai penjaga gerbong tersebut biasanya berupa nama Рnama buah-buahan.

Jika peserta yang terkurung tersebut sudah memilih satu diantara 2 pilihan maka peserta itu otomatis menjadi pengikut salah satu diantara penjaga gerbong itu. begitu seterusnya hingga peserta yang berputar habis. jika ternyata penjaga A dan B masing2 memiliki pengikut maka selanjutnya adalah gamsut dan yang menang boleh mengambil salah satu pengikut lawannya itu. begitu seterusnya sampai salah satu penjaga pengikutnya habis. dan bagi penjaga yang kehabisan pengikut itulah yang disebut sebagai Mak lampir.

Selanjutnya penjaga yang jadi Mak Lampir tersebut mengambil sebuah benda apa saja untuk kemudian dianggap sebagai kunci yang bakal dititipkan kepada penjaga yang memiliki banyak pengikut (selanjutnya dianggap warga)

Mak lampir: tok..tok..tok..

warga: ada apa?

mak lampir: nitip kunci

warga: boleh

Mak lampir pergi beberapa saat, kemudian balik lagi untuk mengambil kunci yang sudah dititipkan tadi

Mak lampir: tok..tok..tok..

warga: ada apa?

mak lampir: mau ambil kunci?

warga: kuncinya gak ada? kunci yang dititipin sudah dibuang warga saat mak lampir pergi meninggalkan mereka.

mak lampir: ko bisa hilang? kemana?

warga: gak tahu

mak lampir: hmmm…boleh minta mobil

warga: gak boleh.

mak lampir: boleh minta rumah?

warga: gak boleh.

mak lampir: hmmm..boleh minta anak?

mendengar permintaan mak lampir meminta anak, maka si penjaga berusaha untuk menghalang-halangi mak lampir agar pengikut yang dibelakang tidak sampai ketangkap oleh mak lampir. dan yang berhasil ditangkap maka akan menjadi pengikut mak lampir. mak lampir dan peserta yang tertangkap itulah kemudian menjadi penjaga gerbong. permainan mengulang dari awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *